Karunia Tips

Pertimbangan membuat pagar suatu bangunan
(0 votes)

Pertimbangan membuat pagar suatu bangunan

Pada dasarnya manusia mempunyai rasa kepemilikan. Dalam sebuah hunian atau bangunan, terdapat unsur yang menjadi kebutuhan penting yaitu pagar. Pada awalnya, pagar merupakan penanda atau batas teritori kepemilikan atau kekuasaan, namun seiring berjalannya waktu pagar juga mempunyai fungsi lainnya seperti sebagai pengamanan, keindahan, identitas dan kebanggan (pride).

Dari segi pengamanan, sebuah pagar menjadi pembagi antara wilayah public dan wilayah privat. Alasannya adalah agar orang asing tidak dengan mudah megakses atau keluar masuk dengan sesukannya. Yang berarti fungsi dari pagar untuk melindung benda-benda pribadi dari hal buruk seperti pencurian atau tindakan kriminal lainnya. Apalagi jika bangunan atau hunian berada di lingkungan yang kurang memprioritaskan unsur keamanan seperti adanya security atau petugas keaamanan khusus, maka sangatlah penting dibuatnya sebuah pagar.

Pagar sebagai estetika bangunan atau hunian, desain atau kualitas sebuah pagar berpengaruh pada penampilan suatu bangunan atau hunian. Desain dan kualitas akan memberikan kesan dan citra kawasan dimana bangunan atau hunian tersebut berada. Seperti di kawasan industri seperti pagar sebuah pabrik atau di kawasan perumahan yang memiliki ciri desain dan kualitas pagar tersendiri. Kualitas desain dipengaruhi oleh bentuk, material dan warna pagar tersebut.

Identitas atau penanda bangunan bukan hanya dari segi model bangunannya saja. Sebuah pagar juga digunakan sebagai penanda fungsi dari bangunan tersebut, seperti pada sebuah kantor, rumah ataupun instansi lainnya. Terdapat space di bagian depan yang digunakan untuk menunjukkan identitas dan fungsi bangunan tersebut.

Bagi sang pemilik, selain model bangunan, desain pagar juga menjadi karakter yang memberikan kebanggaan (pride). Dalam desain pagar akan menggambarkan kualitas diri dari si pemilik bangunan tersebut. Faktor budaya, jaman dan selera mempengaruhi bentuk desain pagar.

Apa saja sih yang harus dipertimbangkan dalam pembuatan pagar bangunan/hunian?

1.     Mempertimbangkan ukuran bangunan dan kebutuhan

Konsep ukuran sangat penting dalam merencanakan pembuatan pagar. Ukuran ketinggian pagar harus mempertimbangkan proporsional dengan bangunannya. Sebaiknya jangan memilih ukuran pagar yang terlalu pendek ataupun terlalu tinggi. Ukuran suatu pagar biasanya menyesuaikan kebutuhannya. Jika menginginkan privasi lebih makan bisa menggunakan pagar yang berukuran tinggi. Namun dalam pembuatan pagar yang berukuran besar harus memperhatikan sirkulasi udara yang akan di dapatkan di dalam hunian. Sisakan ruang atau berikan rongga agar udara tetap dapat masuk ke dalam bangunan atau hunian anda.

2.     Menyesuaikan desain bangunan

Sebaiknya dalam membuat pagar memilih bentuk model yang sesuai dengan fasad bangunan. Jangan memilih desain bangunan yang bertabrakan dengan desain fasad. Pagar rumah menjadi aspek penting dalam estetika dan daya tarik bangunan.  Semakin selaras antara desain pagar dan bangunan akan memberikan satu kesatuan yang serasi.

3.     Menyesuaikan material dan struktur pagar

Hal utama yang harus dilakukan dalam saat membuat pagar adalah material dan struktur yang akan digunakan. Struktur dalam pembuatan pagar harus kuat dan kokoh. Struktur pagar juga dipengaruhi oleh material yang digunakan. Pemilihan material harus mempertimbangkan kekuaatan dan sesuai dengan desain bangunan atau fasad. Material pagar harus yang kuat, tidak rapuh dan tahan terhadap pengaruh suhu dan cuaca.

Saat ini sudah banyak berbagai macam material yang digunakan sebagai bahan pembuatan pagar. Contohnya adalah beton, kayu, bambu, batu alam, tanaman dan logam. Saat ini material yang relatif mudah digunakan yaitu material dari logam atau besi. Keunggulan dari material besi adalah mudah di bentuk sesuai keinginan, bahan kokoh dan kuat serta biaya yang digunakan relatif murah. Material besi yang sering digunakan contohnya besi stainless, hollow, BRC, galvalume dan lain-lain.

4.     Memperhatikan perawatan pagar

Selain penggunaan material pagar dan struktur yang baik, keawetan pagar juga dipengaruhi oleh perawatannya. Pagar yang kurang diperhatikan perawatannya akan cenderung mudah rusak. Hal itu mempengaruhi keindahan dan estetika dari bangunan yang akan menimbulkan kesan lusuh dan kotor jika perawatannya kurang diperhatikan. Contoh perawatan pagar yaitu dengan pengecatan ulang serta memberihkan pagar sercara berkala.

Kami Karunia Doors adalah perusahaan yang berbasis Solo dan Surabaya, yang berdiri sejak tahun 1987. Kami memproduksi dan menjual pintu harmonika, pintu lipat, folding gate, pintu henderson, pintu gulung (rolling door) dari harga yang sangat ekonomis, sampai dengan produk dengan kualitas premium.

Kami juga mengerjakan stainless steel, Aluminium Composite Panel (ACP), kanopi, dll. Kami siap melayani kebutuhan anda untuk produksi maupun pemasangan di Solo, Jogja, Semarang dan seluruh wilayah Indonesia.

Read 288 times

Kontak Kami

KARUNIA Doors

Jl Yos Sudarso No 394 Blok B
Solo - Jawa Tengah
0271 - 2934 662

WhatsApp
0812 3872 4894

Telp & SMS
0812 3872 4894

Instagram
karunia.doors

Bottom Logo

Kami KARUNIA Doors mengerjakan Pintu Lipat, Pintu Harmonika, Pintu Henderson, Folding Gate, Stainless Steel, Aluminium Composite Panel (ACP Seven), Kanopi dll

Melayani kota Solo, Jogja, Semarang dan seluruh Indonesia

 

Who's Online

We have 12 guests and no members online